Minggu, 25 April 2010

chemistry [tentang]





Berakhirnya suatu hubungan dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah dengan alasan bahwa salah satu pihak atau bahkan keduanya merasa sudah tidak ada chemistry lagi. 
lalu, apakah sebenarnya chemistry itu? 
Saya membaca dari beberapa sumber dan akan saya coba jelaskan disini ^-^ [maaf  kalau ada yang tidak berkenan atau berbeda pendapat]......

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa hormon feromon memegang peran penting menciptakan daya tarik ini. Hormon feromon adalah sinyal bawah sadar yang diproduksi oleh tubuh untuk menarik lawan jenis. Sinyal tersebut adalah semacam aroma tubuh yang tak berbau dan mempengaruhi tingkah laku dan emosi seseorang terhadap lawan jenis. Hormon ini juga yang membuat kita bisa merasa “klik” atau sensasi selalu ingin bertemu dengannya.

Tidak ada orang yang dapat mendefinisikan chemistry ini dengan definisi yang sama persis. Namun pada dasarnya, daya tarik seksual adalah reaksi kimia yang terjadi antara dua orang yang memiliki energi sama besar dan saling tarik menarik.

Dalam menjalin hubungan, Anda tak jarang menuntut adanya faktor chemistry ini. Pengaruh chemistry dalam hubungan adalah hubungan Anda tetap hangat dan mesra.

Hilang seiring waktu ?
Hal ini terlihat jika Anda sudah menjalin hubungan dengan pasangan Anda cukup lama. Mungkin banyak di antara Anda merasa setelah bertahun-tahun menjalin hubungan dengan pasangan, hubungan itu berubah. Entah dia tidak lagi mesra, atau Anda merasa tidak tertarik lagi padanya. 
Menurut Joyce Catlett, ahli kesehatan mental dan pengarang buku Sex and Love in Intimate Relationships, mengatakan daya tarik seksual tidak berhubungan dengan waktu. Yang membuat Anda tidak lagi merasakan chemistry adalah rutinitas bersama pasangan dalam waktu yang lama. Seperti ketika Anda dan pasangan Anda bercinta, hal itu akan hilang daya tariknya jika sudah menjadi jadwal rutin yang harus dilakukan. Anda lupa bahwa sebenarnya yang membuat Anda dan pasangan saling tertarik adalah karena memiliki kepribadian yang berbeda namun saling melengkapi. Jika Anda terperangkap dalam rutinitas, maka daya tarik seksual akan hilang.
Untuk memperbaikinya, sebaiknya Anda dan pasangan kembali mengingat awal hubungan. Dengan cara ini Anda akan menemukan kembali ‘rasa’ itu dan memulai untuk memperbarui hubungan lagi.

Menciptakan Sexual Chemistry
Terkadang hubungan yang sudah berlangsung lama membuat ketertarikan pada pasangan berkurang, karena Anda merasa sudah sangat mengenal dirinya, dan perasaan itulah yang lama-lama membuat hubungan Anda dan dia terasa bosan dan tidak berkembang. 

Berikut beberapa langkah yang harus Anda lakukan, agar hubungan dengan pasangan tetap hangat dan mesra.

1.     1. Ingat kembali persamaan Anda dan dia
Sering kali, karena Anda merasa dia adalah pasangan Anda, kalian berdua harus sehati dan satu suara. Namun Anda lupa, bahwa Anda dan pasangan adalah individu yang berbeda. Anda bisa saja setuju untuk beberapa hal, namun jangan ragu untuk memiliki gagasan sendiri. Memiliki kesukaan atau ketertarikan pada hal yang sama bukan berarti Anda harus menyatukan pemikiran Anda dengan dia. Bertukar pikiran dan berdebat sehat adalah salah satu Anda tetap menjaga hubungan tetap sehat dan mesra.

2.     2. Menjadi misterius
Walaupun sudah menjadi pasangan, bukan berarti Anda membuka semuanya. Bersikaplah sedikit misterius, menantang dan sulit ditebak, dengan begitu pasangan akan selalu penasaran. Namun bukan berarti Anda berbohong padanya. Salah satu sikap tidak bisa ditebak adalah memberikannya kejutan, seperti; makan malam di halaman belakang yang Anda siapkan tiba-tiba ketika ia pulang kantor. 

3. Menciptakan Getaran Positif
Banyak ahli mengatakan chemistry adalah hasil getaran positif antara dua individu. Tetapi yang menyebabkan getaran postif ini adalah ketika Anda dan pasangan saling merasa nyaman. Bagi Anda yang telah lama berhubungan, situasi nyaman’ini terlalu disepelekan sehingga saling mementingkan ego. Dengan kondisi seperti itu, getaran positif lama kelamaan akan hilang. Agar dapat dihidupkan kembali, Anda harus belajar melihat setiap hal yang Anda lakukan bersamanya sebagai hal baru dan menyenangkan. 

Menurut saya, perasaan yang tiba-tiba muncul. Membuat kita bahagia. Perasaan yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Namun biasanya saat kita merasakan cinta, seperti ada sesuatu yang mengalir diperut dan menekan jantung atau hati. Entahlah, saya tidak terlalu paham dengan organ-organ tubuh manusia. Perasaan dimana membuat badan kita serasa ringan. Degup jantung menjadi lebih cepat walaupun saat itu kita hanya melihatnya dari kejauhan. Biasanya orang menyebut perasaan-perasaan yang tiba-tiba muncul itu dengan kata chemistry. Chemistry adalah perasaan seperti deskripsi yang saya coba untuk jelaskan itu. Simbol dari cinta. Jarang ada orang yang bisa mendeskripsikan apa itu cinta, seperti apa bentuknya. Begitu juga dengan saya.
Cinta itu menimbulkan perasaan lain yang perlahan-lahan akan menggantikan simbol cinta. Yaitu sayang. Kata yang lebih mudah di deskripsikan daripada cinta. Sayang disini adalah sayang yang ditimbulkan dari perasaan cinta. Perasaan abadi yang mengabadikan rasa cinta. Karena kita tidak bisa merasakan perasaan cinta setiap saat. Tidak seumur hidup kita merasakan getaran-getaran itu. Yang menggantikannya adalah perasaan sayang. Dimana kita selalu ingin memberikan yang terbaik. Ingin melihatnya tersenyum. Ingin melihatnya selalu bahagia. Ingin melindunginya. Dan perasaan-perasaan lembut lainnya.
Bukan berarti kita tidak bisa merasakan cinta lagi. Perasaan itu kadang datang lagi saat terjadi suatu moment tertentu yang setiap orang berbeda-beda.
Perasaan sayang ini berbeda dengan sayang yang lainnya. Seperti sayang kita terhadap orang tua, sahabat, atau bahkan binatang kesayangan.
Sayang memiliki semacam gelombang yang berbeda-beda. Walaupun deskripsinya bisa jadi sama. Tapi rasa sayang terhadap Tuhan, orang tua, saudara, kekasih, sahabat, binatang peliharaan, atau bahkan benda kesayangan, adalah sayang berbeda. Perbedaan yang tidak dapat kita ungkapkan. Tetapi dapat kita rasakan. Perasaan yang mungkin kadang kita sulit untuk membedakan. Tapi apabila kita benar-benar meresapi, secara tidak sadar ataupun sadar, kita pasti tahu dimana perbedaannya.
Cinta tidak berarti hilang disaat kita sudah tidak merasakannya lagi seperti pada saat awal kita merasakannya. Karena perasaan itu disimpan dengan rapi. Dilindungi kemurniannya. Disimpan untuk kelak kita rasakan lagi sewaktu-waktu. Yang membuat kita merasa terkaget-kaget lagi saat merasakannya seperti saat awal pertama merasakannya. Yang membuat kita tersenyum-senyum lagi saat teringat pertama kali kita merasakannya. Perasaan yang membuat kita nyaman dan bahagia. Perasaan yang sangat mahal sehingga kita harus menyimpannya untuk kelak kita rasakan lagi, untuk mengenang masa-masa pertama. Dilindungi dengan perasaan sayang karena cinta...
Begitu juga dengan chemistry yg menurut saya adalah simbol dari cinta. Chemistry tidak pernah hilang. Ia hanya tertidur dengan selimut sayang. Yang pasti akan terbangun lagi ^-^ .....
Semoga bermanfaat..

1 komentar:

  1. chemistry itu kan cuma muncul waktu awal aja, gak mungkinlah dirasain terusan..setuju ma isi blognya :)

    BalasHapus